IPS 2 hal yang menjadi penyebab rusaknya peninggalan budaya hindu-budha dan islam yang ada di indonesia

2 hal yang menjadi penyebab rusaknya peninggalan budaya hindu-budha dan islam yang ada di indonesia

Hal-hal yang menjadi penyebab rusaknya peninggalan budaya hindu-budha dan Islam yang ada di Indonesia adalah vandalisme, bencana alam, maupun karena rapuh dimakan usia. Vandalisme dapat diartikan kegiatan mencoret-coret yang dapat merusak. Kegiatan vandalisme tentu dapat menyebabkan peninggalan budaya rusak. Selain itu adanya bencana alam juga menjadi salah satu faktor rusaknya peninggalan budaya karena bencana alam sifatnya destruktif yang dapat merusak serta juga bisa disebabkan usia dari peninggalan budaya itu sendiri yang sudah sangat tua sehingga sangat rapuh atau lapuk yang menyebabkan peninggalan budaya tersebut rusak.

Pembahasan

Peninggalan budaya adalah salah satu warisan budaya yang penting yang harus terus dijaga dan dilestarikan. Peninggalan budaya merupakan salah satu bukti keberadaan atas kerajaan Hindu-Budha maupun kerajaan Islam di Indonesia yang harus dijaga bersama-sama. Di dalam peninggalan budaya tersebut, terdapat nilai-nilai sejarah yang penting untuk dipelajari, misalnya nilai religius, nilai gotong royong, dan lain sebagainya.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang jenis peninggalan sosial dan budaya: https://brainly.co.id/tugas/1880347

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4

Dua hal yang menyebabkan rusaknya peninggalan budaya hindu-budha dan islam yang ada di indonesia yaitu Proses alam (bencana usia dan pelapukan) dan ulah manusia/vandalisme.

PEMBAHASAN

Barang dan benda dari masa lalu disebut sebagai peninggalan sejarah. Peninggalan sejarah tersebut berupa

  • Bangunan seperti candi, Benteng, Masjid, Pura.
  • Karya sastra seperti kisah Mahabharata dan Hikayat
  • Tulisan misalnya prasasti

Peninggalan sejarah lama kelamaan akan rusak karena usia yang sudah tua selain itu bencana alam, pelapukan pada bangunan candi, dan adanya vandalisme mempercepat kerusakan tersebut.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang benda peninggalan sejarah https://brainly.co.id/tugas/51375159

#BelajarBersamaBrainly#SPJ4

[answer.2.content]